Selasa, 12 Januari 2010

Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Tiket Pesawat

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasihNya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah kami terima, serta petunjukNya sehingga
memberikan kemampuan dan kemudahan bagi kami dalam penyusunan makalah ini. Didalam makalah ini kami selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa kami sajikan dengan topik “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat”.

Dimana didalam topik tersebut ada beberapa hal yang bisa kita pelajari khususnya pengetahuan tentang bagaimana merancang sebuah system pemesanan tiket pesawat .
Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami tentang perancangan system pemesanan tiket pesawat, menjadikan keterbatasan kami pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini, kiranya mohon dimaklumi apabila masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan makalah ini.

Harapan kami, semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang bagaimana merancang sebuah output sistem dalam kehidupan kita. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Bpk. Edward Rajaguguk selaku Dosen“Sistem Informasi Manajemen”,atas bimbingan dan dukungannya, serta untuk teman-teman atas kerjasamanya. Kami menyadari sepenuhnya dalam penyusunan tugas ini, masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan yang dimiliki, baik itu sistematika penulisan maupun penggunaan bahasa. Untuk itu kmi mengharapkan saran dan kritik dari Bapak yang bersifat membangun demi penyempurnaan tugas ini. Semoga hasil tugas kami ini berguna bagi pembaca secara umum dan kami selaku penulis secara khusus. Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih.

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Internet perlahan-lahan mulai menggeser budaya pembelian (pemesanan) tiket pesawat dari cara konvensional menjadi lebih modern atau yang sering disebut booking online(online booking). Dewasa ini, memesan tiket dapat dilakukan melalui computer yang tersambung dengan internet.Di Indonesia, pelayanan tersebut telah diperkenalkan oleh National Carrier Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Merpati Nusantara dan Airasia.Hal ini berarti para maskapai penerbangan dapat berhubungan langsung dengan konsumen yang tentu saja akan memberikan dampak ekonomis yang signifikan.menurut William Liu, presiden dan CEO Abacus International, World Tourism Organization memprediksi pada tahun 2010 sebanyak 195 juta pelacong akan membajiri daerah tujuan wisata Asia-Pasifik. Tahun 2020 diramalkan jumlah itu akan melonjak mencapai 397 juta orang,yakni seperempat dari jumlah turisme internasional. Pada awalnya penerapan pembelian tiket secara online sekitar tahun 1998 hanya mencapai satu persen lalu naik menjadi dua persen pada tahun 1999.Saat ini sudah mencapai tiga persen.

Persentase tersebut berlipat ganda pada maskapai Amerika Serikat,United Airlines,dimana lima persen dari pendapatan penerbangan domesticnya pada kwartal pertama tahun ini merupakan sumbangan online sales dengan pertimbangan 50-50 antara website dan lain-lain. Dengan pendapatan tahunan sekitar 20 juta dollar AS, berarti airlines tersebar AS ini akan menjual tiket online lebih dari satu miliyar dollar pada tahun 2020, separuh diantaranya merupakan penjualan langsung kepada konsumen. Maskapai lain, Northwest Airlines bahkan lebih tinggi. Penjualan melalui website meningkat dari empat persen tahun lalu menjadi 6,5 persen tahun ini.Sementara untuk semua tujuan domestic Amerika Serikat, persentasenya berlipat ganda.Fenomena ini mendorong para ilmuan dan marketer untuk mempelajari lebih dalam apa yang menjadi penyebab pertumbuhan penjualan melalui internet. Maka muncullah berbagai penelitian tentang internet arketing terkait dengan pembelian atau pembelanjaan melalui internet (online shoping). Penelitian terdahulu yang menjadi acuan penelitian kali ini dilakukan oleh Aron M. Levin, Irwin P.Levin dan Joshua A. Weller (2005). Penelitian tersebut menganalisis stribut-stribut yang mempengaruhi preferensi belanja melalui internet (online) dan tidak melalui inrternet (off line) pada produk, konsumen dan tahapan pembelanjaan yang berbedea. Hasil analisis terhadap pengukuran dipakai pada studi ini memperlihatkan 4 atribut pokok, yaitu waktu, harga, pelayanaan dan alternatif. Penelitian kali ini merupakan penelitian replikasi yang mengkaji belanja on line dengan menggunakan 1 kelompok sample, yaitu mahasiswa dan menggunaka satu produk yaitu tiket pesawat.

1.2 Maksud dan Tujuan Penulisan Dengan dibuatnya makalah ini diharapkan :
a. Dapat mengetahui lebih jauh mengenai penerapan Sistem Informasi Manajemen pada pemesanan tiket.

b. Dapat mengetahui lebih lanjut mengenai e-ticketing (pemesanan tiket melalui internet).

c. Dapat mengetahui lebih jelas mengenai apa manfaat, keuntungan, kerugian, kelemahan dan kelebihan dari e-ticketing.

d. Dapat mengetahui bagaimana cara penerapan e-ticketing itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

e. Dapat mengetahui siapa saja yang dapat menggunakan e-ticketing dan apa saja masalah-masalah yang muncul dari penggunaan e-ticketing.Tujuan sistem informasi manajemen adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan.


1.3 Manfaat e-ticketing
a. E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs web,

b. Biaya Simpanan - Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos.

c. Menghemat waktu untuk pembelian tiket..

d. Aman dan Aman - E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.

e. Kehadiran sebenarnya Pelaporan - Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri Anda acara dan ketika mereka tiba.



BAB II Perancangan system
2.1 Perancangan input



2.2 Perancangan output

2.3 Struktur database


BAB III Implementasi system

3.1 Spesifikasi
Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam identifikasi objek melalui gelombang radio, dapat membantu proses pemesanan atau pembelian tiket lebih fleksibel dan checkin menjadi lebih cepat dan nyaman bagi calon penumpang. Aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi NFC sehingga membutuhkan perangkat lunak, perangkat keras, sistem jaringan serta sumber daya manusia agar dapat berjalan dengan baik.

3.2 Pemakaian Program
System e-ticketing ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna yang akan melakukan reservasi tanpa perlu datang kekantor perwakilan tertentu. Melalui aplikasi ini maka pengguna dapat melihat jadwal penerbangan dan melakukan reservasi dari dan ke kota manapun selama terdapat jadwal penerbangan pada saat itu.




BAB IV
KESIMPULAN dan SARAN

Kesimpulan
a. Sistem reservasi e-ticketing berbasis web dapat menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang dan juga pembatalan keberangkatan suatu pesawat terbang.

b. Sistem reservasi e-ticketing dapat diakses secara online di setiap tempat yang memiliki sambungan internet. Sehingga sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan reservasi pesawat terbang.

Saran :

a. Waktu merupakan komponen pembentuk referensi pembelian online yang paling kursial,oleh karena itu produsen harus memperhatikan jumlah waktu yang dibutuhkan oleh konsumen untuk melakukan pembelian tiket pesawat melalui internet.

b. Harga tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi pembelian online, namun produsen harus tetap mempertahankan tingkat harga yang masuk akal dalam arti harga yang ditawarkan tidak membuat produsen yang bersangkutan merugi dan tetap dipandang konsumen sebagai harga yang kompetitif.

c. Pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi pembelian online, namun produsen juga harus tetap mempertahankan kualitas keprimaan pelayanana agar kolnsumen tidak memberikan testmonial yang merugikan produsen.

4 komentar:

  1. boleh minta source code makalah anda ke email saya globalnet86@gmail.com

    BalasHapus
  2. nice share..
    ijin ngopi ya... :D
    terima kasih.. :))

    BalasHapus
  3. Mohon bantuannya mau minta sorce code anda, email adibalap@yahoo.com
    thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  4. boleh minta source code ny om, email : deliel.faraby@gmail.com
    thx b4

    BalasHapus